Bahasa Python (Part 2)

Toturial Belajar Bahasa Python (Part 2)


Sebelum belajar bahasa Python jika kamu belum memiliki aplikasinya silahkan download terlebih dahulu
Link Download : Download Python


Part 2 : The Firts Program

Secara tradisional, program pertama yang Anda tulis dalam bahasa baru disebut "Halo, Dunia!" Karena semua yang dilakukannya adalah menampilkan kata-kata "Halo, Dunia!"E. Dengan Python, tampilannya seperti iniE

print 'Hello, World!'

Ini adalah contoh pernyataan cetak, yang sebenarnya tidak mencetak apa pun di atas kertasE. Saya menampilkan nilai di layarE. Dalam hal ini, hasilnya adalah kata-kata E

Halo Dunia! 

Tanda kutip di program menandai awal dan akhir teks yang akan ditampilkan; mereka tidak muncul di hasilE. Dalam Python 3, sintaks untuk pencetakan sedikit berbedaE

print ('Halo, Dunia!')

Tanda kurung menunjukkan bahwa cetak adalah fungsiE.

Variables, expressions and statements

1. Values and types

Nilai adalah salah satu hal dasar yang berfungsi dengan
program, seperti huruf atau angkaE. Itu nilai-nilai yang telah kita lihat sejauh
ini adalah 1, 2, dan 'Hello, World!'E.

Nilai-nilai ini termasuk dalam tipe yang berbeda: 2 adalah bilangan bulat, dan 'Halo, Dunia!' adalah sebuah string, disebut demikian karena mengandung "string" hurufE. Anda (dan penerjemah) dapat mengidentifikasi string karena mereka tertutup dalam tanda kutipE.

Jika Anda tidak yakin apa jenis nilai, juru bahasa dapat memberi tahu AndaE.

>>>type('Hello, World!')
<type 'str'>
>>>type(17)
<type 'int'>

Tidak mengherankan, string milik tipe str dan integer milik tipe intE. Kurang jelas, angka-angka dengan titik desimal memiliki tipe yang disebut float, karena angka-angka ini direpresentasikan dalam format yang disebut floating-pointE.

>>>type(3.2)
<type 'float'>

Bagaimana dengan nilai seperti '17' dan '3.2'? Mereka terlihat seperti angka, tetapi mereka dalam kutipan menandai seperti stringE.

>>>type('17')
<type 'str'>
>>>type('3.2')
<type 'str'>

Mereka stringE. Saat Anda mengetikkan bilangan bulat besar, Anda mungkin tergoda untuk menggunakan koma di antara grup tiga digit, seperti dalam 1.000.000E. Ini bukan bilangan bulat hukum dengan Python, tetapi itu legalE:

>>>1,000,000
(1, 0, 0)

Yah, itu bukan yang kita harapkan sama sekali! Python menafsirkan 1.000.000 sebagai koma terpisah urutan bilangan bulatE. Ini adalah contoh pertama yang kita lihat tentang kesalahan semantikE: kode berjalan tanpa menghasilkan pesan kesalahan, tetapi tidak melakukan hal yang "benar"E.


Pilih Part : [1] [2] ... [Tunggu Update]




Post a Comment

0 Comments